Melatih Burung Branjangan (gampang2 susah)

branjangan.jpg Burung Branjangan atau dalam bahasa latinnya adalah Mirafra Javanica adalah sebenarnya spesies burung asli dari pulau jawa. Namun penyebarannya sampai ke pulau-pulau lain yang berada di Kepulauan Indonesia. Seperti : Sumatera, Kalimantan namun populasinya tidak begitu banyak jika dibandingkan dengan keberadannya dipulau Jawa.Ukuran tubuh burung ini tidak begitu besar dan tidak begitu kecil namun karena suaranya yang nyaring dan pandai meniru suara burung kicauan lainnya sehingga banyak digemari oleh para hobies burung.

Burung ini sangat menyukai cuaca panas karena memang mendiami tanah sawah yang selesai di panen atau rerumputan yang pendek. Dulu burung ini masih banyak terlihat namun sekarang sangat sulit untuk ditemukan.

Bila memiliki Branjangan yang masih usia muda hutan sebenarnya mudah untuk dilatih agar dapat cepat bunyi dan tidak ngelabrak-ngelabrak kandang. Berdasarkan pengalaman dari beberapa penghobies bahwa burung Branjangan ketika masih usia muda hutan di gantang agak pendek sehingga terbiasa untuk dilewati orang atau dekat dilewati oleh kendaraan. Berilah telor semut atau kroto basah setiap hari secukupnya diberikan pagi dan sore harus habis jika tidak habis dibuang. Kemudian berilah ulat hongkong 3 ekor pagi dan sore.

Bila Anda di rumah memiliki lebih banyak burung kicauan maka akan lebih baik lagi hasilnya terutama untuk pemasteran. Setelah + 3 bulan akan terlihat hasilnya burung branjangan peliharaan kita.

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: