Mengatasi Anis Merah Macet ….

Anis Merah tergolong burung penyanyi yang terkenal rewel. Tentunya para hobies Anis Merah sudah mengetahuinya. Macet bunyi dapat disebabkan oleh beberapa hal contohnya salah jenis makanan, atau pola pemeliharaan sehari-hari yang berubah-ubah. Tetapi ada juga anis merah yang tergolong “bandel” dalam pengertian tidak terpengaruh pada perubahan pola perawatan maupun faktor makanan.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa apabila burung anis merah yang mana semula gacor tiba-tiba macet bunyi dan kita tidak tahu pola perawatan dari pemilik sebelumnya maka caranya yaitu dengan pola perawatan sebagai berikut : Keluarkan burung anis merah pada pukul 04.30 atau 05.00 (pagi) taruh di teras rumah biarkan burung tersebut terkena embun pagi sampai matahari mulai terbit, Berikan extra fooding berupa jangkrik 3 eko, cacing cukup 1 ekor saja diberikan 2 x dalam 1 minggu, untuk jenis buah apabila anis merah Anda menyukainya berikan jenis pepaya (konon buah pepaya ini cukup manjur dalam mengembalikan suara burung yang macet). mandi pagi (usahakan jangan disemprot biarkan burung mandi sendiri dalam keramba/tempat mandi burung) itupun apabila cuaca cerah, setelah itu jemur antara pukul 08.00 s.d. 10.00. Sebelum dijemur alangkah baiknya burung tersebut didiamkan dulu beberapa saat ditempat yang agak teduh, setelah kurang lebih 10 menit baru dijemur, hal ini dimaksudkan untuk menjaga kecerahan warna bulu burung itu sendiri.

Setelah dijemur kurang lebih 1 s.d 2 jam pindahkan burung ketempat yang teduh, biarkan beberapa saat atau sekitar 15 menit, setelah itu kerodong sangkar burung dan simpan di dalam rumah. Berikan suara-suara master burung2 kecil boleh juga disertai suara air mengalir bisa di download disini atau suara burung dari alam.

Sekitar pukul 14.30 atau pukul 15.00 sore keluarkan burung dari dalam ruangan simpan diteras atau dibawah pohon yang rindang, buka kerodong biarkan selama kurang lebih 10 menit, setelah itu dimandikan lagi. Apabila burung tersebut tidak mau mandi coba semprot pelan-pelan dengan sprayer sampai tubuhnya agak sedikit basah, kalau masih saja tidak mau mandi biarkan saja tidak usah dipaksa. Masukkan lagi burung ke sangkar semula setelah itu jemur sampai jam 17.00 sore. berikan pakan jangkrik 3 ekor dan boleh diberi kroto sedikit saja. Air minum bila perlu ganti dengan yang baru agar burung selalu terhindar dari wabah penyakit. Jam 17 tutup sangkar dengan kerodong dan di istirahatkan didalam ruangan. Ada sebagian lagi berpendapat bahwa dengan memandikan burung anis merah pada pada malam hari sekitar pukul 19.00 – 20.00 dapat membuat burung yang semula macet bisa bergoyang lagi.

SELAMAT MENCOBA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s